Selasa, 22 Januari 2019

percobaan gaya apung neraca percobaan gaya apung telur dan garam alat dan bahan percobaan gaya apung, langkah percobaan gaya apung tabel dan kesimpulan percobaan gaya apung


Percobaan I
Gaya Apung
Alat dan bahan
·         Wadah
·         Air
·         Dinamometer
·         Beban
Langkah – langkah :
·         Ukurlah berat beban di udara menggunakan dinamometer. Catat hasil pengukuran anda. w = ………..Newton
·         Masukkan air ke dalam wadah
·         Masukkan beban di dalam air lalu ukur berat beban menggunakan dinamomer ketika beban sedang berada di dalam air. Catat hasil pengukuran anda. w air = ………….Newton
No
Wbu
Wba
FA : Wbu - Wba
1
0,4 N
0,3 N
FA : 0,4 N – 0,3 N
       : 0,1 N
2
0,7 N
0,3 N
FA : 0,7 N – 0,3 N
      : 0,4 N

Kesimpulan :
1.      Massa air lebih besar daripada massa di udara, tekanan gravitasi terhalang partikel – partikel air sehingga air massa benda jauh lebih kecil dari pada di luar air (udara), selain itu ada istilah bliogancy atau gaya apung pada benda yang didalam zat cair.
2.      Berat benda di udara dengan didalam fluida berbeda, setiap benda yang berada di dalam zat cair (fluida) akan lebih ringan dibandingkan dengan berat benda di udara. Karena di dalam fluida terdapat gaya apung dan gaya gravitasi yang arahnya berlawanan sehingga menyebabkan benda terasa ringan.

Percobaan 2
Ketika telur dimasukkan kedalam air sebelum diberi garam telur tersebut dalam keadaan tenggelam. Lalu ketika air diberi garam 3 sendok telur tersebut menjadi mengapung. Dan jika air yang sudah diberi garam ditambahi lagi dengan air tawar keadaan telur menjadi melayang di air.
Alat :
·         Gelas,
·         Sendok,
·         Tissue.
Bahan :
·         Telur,
·         Air,
·         Garam.
Prosedur Kerja
1)      Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan percobaan.
2)      Gelas diberi air, jangan sampai penuh agar pada saat memasukkan telur airnya tidak tumpah dan dialasi dengan tissue agar tidak basah lantainya.
3)      Pertama-tama telur dimasukkan dalam gelas yang berisi air tanpa campuran garam kemudian amati yang terjadi.
4)      Setelah itu dalam gelas dimasukkan satu sendok garam dan aduk perlahan-lahan sampai merata. Amati keadaan yang terjadi pada telur tersebut.
5)      Masukkan lagi satu sendok garam dan aduk secara perlahan-lahan sampai merata. Amati keadaan yang terjadi pada telur tersebut.
6)      Lakukan seterusnya sampai mendapatkan keadaan telur sesuai yang kita perlukan dan inginkan.
7)      Catatlah hasil pengamatan yang telah dilakukan dan buatlah tabel pengamatan untuk mempermudah untuk memahaminya.
8)      Setelah selesai praktikum bersihkan dan rapikan alat dan bahan sisa praktikum tersebut.
Banyaknya garam (sendok)
Peristiwa yang terjadi
-
Tenggelam
1
Tenggelam
2
Tenggelam
1/2
Melayang
3
Terapung
4
Terapung

Kesimpulan :
Garam itu berfungsi memperbesar massa jenis air. Telur tenggelam karena gaya berat telur lebih besar dari gaya ke atas telur melayang dalam air apabila gaya berat dan gaya ke atas antara telur dan air seimbang. Telur mengapung ketika gaya ke atas lebih besar daripada gaya berat.
·         Benda tenggelam karena massa jenis telur > massa jenis air.
·         Benda melayang karena massa jenis telur = massa jenis air.
·         Benda terapung karena massa jenis telur  < massa jenis air.
·         Garam berfungsi untuk memperbesar massa jenis air dengan begitu semakin banyak garam yang diberikan maka semakin besar pula massa jenis airnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar